Home > Profil > Sekilas PMIPA UKI Toraja

Sekilas PMIPA UKI Toraja

jurusan-pmipa

Jurusan PMIPA pada awalnya terdiri atas dua program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Biologi (jenjang D3) dan Program Studi Pendidikan Matematika (jenjang D3 dan S1) dengan status diakui. Dalam proses perkembangan selanjutnya Program Studi Biologi (D3) dan Program Studi Pendidikan Matematika (D3) tidak dijalankan lagi karena tidak adanya calon mahasiswa yang berminat ke program studi tersebut. Selanjutnya Jurusan PMIPA sampai tahun akademik 2004/2005 hanya membina satu program studi yaitu Program Studi Pendidikan Matematika dengan jenjang pendidikan S1.

Jurusan Pendidikan MIPA (Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) sebagai salah satu jurusan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) UKI Toraja memiliki peluang yang sangat besar dalam perkembangannya, oleh karena potensi yang dimilikinya antara lain minat dari calon mahasiswa memasuki dunia pendidikan tinggi melalui Program Studi Pendidikan Matematika memeperlihatkan grafik yang cenderung meningkat.

Dari segi sarana dan prasarana, disadari adanya kelemahan mendasar yang dapat menghambat proses pengembangan jurusan antara lain terbatasnya fasilitas pendukung pembelajaran seperti laboratorium dan buku-buku literatur. Kendala tersebut setiap saat diupayakan penanggunalangannya, secara berkesinambungan dan terus-menerus.

Visi

Visi Jurusan PMIPA UKI Toraja adalah menjadi jurusan yang tangguh, berwibawa, serta logis, dalam mengembangkan pendidikan matematika.

Visi Jurusan PMIPA meliputi tiga elemen utama yaitu tangguh, berwibawa, dan logis. Tangguh, mengandung makna bahwa jurusan PMIPA akan menjadi salah satu jurusan yang tetap eksis dan sustainable dalam mengemban pendidikan di UKI Toraja dan turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Berwibawa, mengandung pengertian bahwa Jurusan PMIPA akan menjalankan proses pendidikan secara murni, berkualitas, dan tidak memihak. Logis, mengandung makna bahwa proses pembelajaran yang dijalankan menganut prinsip kewajaran.

Misi

  • Bekerjasama dengan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat,
  • Mendidik mahasiswa agar memiliki kecakapan, keahlian dan keterampilan, bermoral, beriman, serta memiliki motivasi tinggi sehingga mampu menghadapi tantangan masa depan,
  • Mendidik mahasiswa agar memiliki kemampuan mengembangkan profesionalisme dalam spektrum pendidikan matematika, dengan berpegang teguh pada asas kebenaran, keadilan, dan kasih.

Profil mahasiswa Program Studi Matematika 1997-2005

Profil mahasiswa Program Studi Matematika 1997-2005

Kurikulum

Kurikulum yang berlaku di Jurusan PMIPA UKI Toraja  merupakan hasil revisi kurikulum 2001 dan penyesuaian dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang ditetapkan pada tanggal 17 Juli 2007.  Sebelum digunakannya kurikulum tersebut, jumlah SKS yang harus dilulusi oleh semua mahasiswa UKI Toraja adalah 160 SKS. Dengan diberlakukannya kurikulum baru tersebut di atas, maka jumlah SKS yang harus dilulusi adalah 150 SKS. Diharapkan dengan berkurangnya jumlah SKS dalam jenjang program Strata Satu, mahasiswa UKI Toraja dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih cepat.

Untuk Jurusan PMIPA, rincian mata kuliah yang harus diprogram pada semester ganjil dan semester genap, dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Mata Kuliah Semester Ganjil

MK Semester Ganjil

Klik gambar untuk melihat detail

Daftar Mata Kuliah Semester Genap

MK Semester Genap

Klik gambar untuk melihat detail

Categories: Profil
  1. 8 April 2010 at 7:50 PM

    just for math…
    Bekali dosennya untuk melanjutkan study…

  2. 8 April 2010 at 7:48 PM

    Tingkatkan mutu dosen UKI TORAJA >……..!!!!

  3. sangbaine
    13 March 2010 at 2:38 PM

    den raka lowongan untuk mengajar jadi dosen untuk jurusan S1 Pendidikan fisika di PMIPA UKI TORAJA?

  4. cilik
    9 August 2009 at 11:18 PM

    Mau nanya,,apakah Mahasiswa yg udah lwt masa cuti kulianya bisa melanjutkan lg?misalkan udah 3 smster terlewati apa udah di anggap GET OUT???thanks yo…..

    • 14 August 2009 at 12:05 AM

      Permohonan cuti akademik bagi mahasiswa hanya berlaku sesuai dengan lama permohonan cuti yang diajukan. Setelah masa cuti berakhir tetapi mahasiswa yang bersangkutan belum mengikuti kegiatan akademik, maka secara otomatis dianggap non-aktif. Status ini disampaikan sebagai laporan aktivitas mahasiswa setiap semester ke Dirjen Dikti dalam bentuk EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri).

      Mahasiswa yang dilaporkan non-aktif, dapat kembali melanjutkan studi setelah membayar biaya pendaftaran ulang (her registrasi) terhitung sejak habis masa cutinya. Misalnya biaya pendaftaran ulang per semester Rp. 50.000 dan seorang mahasiswa non-aktif selama tiga semester, maka jumlah biaya pendaftaran ulang yang akan dilunasi adalah Rp. 150.000.

      Untuk informasi lebih lengkap, anda dipersilakan menanyakan langsung kepada Bagian Keuangan UKI Toraja.

  5. 17 July 2009 at 8:56 PM

    sipira moraka totemo tu uang kuliah do UKI Toraja ? den raka beasiswa lako passikola manarang ee ?? salama’

    • 21 July 2009 at 10:52 PM

      Uang kuliah untuk mahasiswa baru (angkatan 2009) ditentukan berdasarkan jumlah sks yang diprogramkan, ditambah Rp. 500.000,- . Seorang mahasiswa yang memprogramkan 20 sks, artinya harus membayar uang kuliah sebesar Rp. 500.000 + (20 x Rp. 50.000) atau Rp. 1.500.000.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: